Sabtu, 08 Januari 2011

Kumpulan Ilmuwan dari 500 thn sebelum masehi sampai 1500 thn Masehi (pt.1)



Pythagoras
c.575 - c.490 SM
Filsuf Yunani
Pythagoras adalah seorang filsuf dan matematikawan Gk, paling dikenal untuk bekerja keluar dari "Teorema Pythagoras" yang menyatakan bahwa kuadrat dari sisi miring sebuah segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat dari dua sisi lainnya.
Pythagoras lahir di pulau Samos, bermigrasi ke Italia selatan, dan mendirikan sebuah sekolah di Croton.
Pythagoras mengajarkan bahwa tatanan dunia ini untuk ditemukan dengan bantuan matematika, fisika, akustik dan astronomi.
mengatakan terkenal Nya "semua adalah nomor" yang berarti bahwa segala sesuatu yang ada pada akhirnya dapat direduksi menjadi hubungan nomor. ajaran mistis-Nya menerima migrasi jiwa.



THALES
c.624-c.546 SM
Filsuf Yunani
Thales dari Miletus adalah dianggap sebagai salah satu Orang Bijak Tujuh dari Yunani kuno. Thales adalah yang pertama dari para filsuf alam Yunani dan pendiri sekolah Ionia pemikir Yunani kuno.
Nya dikatakan telah diukur piramida Mesir dan telah menghitung jarak dari pantai kapal di laut menggunakan pengetahuannya tentang geometri.
Dia juga memprediksi gerhana matahari. Dalam geometri Thales telah dikreditkan dengan penemuan lima teorema seperti yang tertulis dalam segitiga setengah lingkaran memiliki sudut kanan. Dia mencoba untuk menemukan substansi dari mana segala sesuatu di alam dibuat off dan menyarankan air.
Thales adalah penting dalam menjembatani dunia mitos dan alasan. Dia memulai gagasan revolusioner bahwa untuk memahami satu dunia diperlukan untuk mengetahui sifat ('fisis', maka fisika 'modern') dan bahwa ada penjelasan untuk semua fenomena dalam alam. Itu adalah langkah besar dari asumsi dunia lama yang kekuatan gaib ditentukan hampir semuanya.


Democritus
c.460 - 370 SM
Filsuf Yunani
Democritus lahir di Thrace di Yunani utara. Ia melakukan perjalanan secara luas, dan ia belajar dari gurunya, Leucippus, yang semuanya terbuat dari partikel-partikel kecil.
Refining dan menguraikan ide-ide Leucippus 'demokratis mengajukan teori atom, yang menegaskan bahwa alam semesta terdiri dari dua elemen terpisahkan, yang disebut atom dan kekosongan. Jumlah tak terbatas atom abadi dan bersebab berbeda dari satu sama lain hanya dalam bentuk, susunan, dan besarnya, bergerak melalui ruang yang tak terbatas.
Dalam teologi demokratis disebabkan kepercayaan populer di para dewa untuk keinginan untuk menjelaskan hal-hal yang luar biasa (petir atau gempa bumi) kepada badan manusia super.


PLATO
427-347 SM
Filsuf Yunani
Plato adalah salah satu filsuf terbesar dari budaya Barat.
Dia mencatat filsafat Socrates dan mendirikan Akademi di Athena. Dalam tulisan filosofis, ia pindah dari cara Socrates dari konsepsi-tualization ke teori ide" {Plato teori Gagasan
Plato pindah dari pencarian Sokrates definisi etis untuk teori Ide. Dia kontras dunia keberadaan dengan dunia penampilan, yang hanya merupakan manifestasi dari ide.
Plato membagi kosmos menjadi dua wilayah terpisah: dunia ini, dan dunia menjadi. Yang pertama dia dianggap sebagai sempurna, tidak berubah, esensi dari apa yang disebut Gagasan. Semua konsep yang dicari oleh Socrates - keadilan, kebajikan, dll - ada dalam kesempurnaan di dunia Ide. Untuk Plato, duntuk lagu instrumen muscical, pemain menyesuaikan string nya sesuai dengan rasio aritmatika yang mendefinisikan catatan tertentu. Ini mengungkapkan hubungan aritmatika interval harmonik, dan tidak pernah keluar dari tune. Hubungan harmonis tidak dapia Ide adalah dunia nyata, dunia materi, meskipun nyata seakan indera kita, hanya ilusi. Plato menggunakan nya Alegori Gua "yang terkenal untuk membuat perbedaan antara ilusi dan kenyataan. (Lihat link www di bawah ini).
Misalnya, unat didengar, tetapi dipahami oleh pikiran. Dalam dunia material, senar dari instrumen pergi terus-menerus keluar dari tune. Oleh karena itu Plato mengatakan bahwa hanya rasio universal atau ide-ide yang harmonis memiliki yang sejati. Indra adalah Plato diandalkan berdebat dan dia memiliki iman hanya dalam akal, yang dapat dilatih untuk memimpin kita untuk kebenaran.
Persiapan terbaik, Plato pikir, adalah pelatihan dalam matematika: geometri tidak menganggap gambar tidak jelas, tetapi segitiga, sempurna yang ideal yang benar-benar ada di dunia Ide.
}.
Plato lahir di Athena. Sebagai seorang pemuda ia datang di bawah pengaruh Socrates dan mengabdikan dirinya untuk filsafat. Pelaksanaan Socrates gurunya Plato sakit hati dan dia meninggalkan Athena untuk bepergian dan belajar di Italia, Sisilia dan mungkin N'Africa.
Plato menghabiskan beberapa waktu mendidik Dionisius II di Sisilia, namun proyek ini gagal dan Plato kembali ke Athena di mana ia membuka sekolah yang disebut
'Akademi' yang menjadi universitas pertama di Eropa.
Plato mengungkapkan pemikiran filsafat di dialog banyak tertulis yang peringkat di antara karya sastra dan filosofis terbesar sepanjang masa.


Aristoteles
384-322 SM
Filsuf Yunani
Aristoteles dianggap sebagai salah satu pemikir terbesar di dunia yang dikenal. Ia mempengaruhi orientasi dan isi semua yang disebut peradaban Barat.
(Lihat: Filsafat Yunani )Aristoteles lahir di Stagira, di sebelah utara Yunani. Ia pergi ke Athena untuk belajar di bawah Plato selama 20 tahun. Pada tahun 342 SM, raja Philip dari Makedonia memanggilnya ke Pella untuk tutor anaknya, Alexander.
Setelah Alexander menjadi raja, Aristoteles kembali ke Athena dan mendirikan sekolah di Lyceum. Ia segera diakui sebagai Teman penerus Plato dan filosofis pemimpin dunia kuno.
Setelah Alexander menaklukkan Persia, ia mendukung peneliti ilmiah Aristoteles dengan hibah uang. Setelah Alexander meninggal Aristoteles mundur ke Chalcis, utara Athena, di mana ia meninggal pada tahun berikutnya.


Aristarkhus
c.325? - 255? SM
Astronom Yunani
Aristarkhus adalah astronom pertama yang mempertahankan bahwa Bumi berputar - lebih dari dua ribu tahun sebelum Copernicus.
Aristarkhus dari Samos hipotesis bahwa bumi bukanlah pusat alam semesta, tetapi berputar tahunan tentang matahari dan berputar harian tentang sumbu sendiri.
Di tanah ini, Cleanthes, filsuf, menyatakan bahwa ia harus didakwa atas tindakan tidak hormat.
Aristarkhus juga menulis sebuah buku tentang jarak dan ukuran bulan dan matahari yang sangat meremehkan.


Euclid
c.365 - c.280 SM
Matematikawan Yunani
Euclid menulis buku klasik
'Elements', koleksi teorema geometri yang menjadi sebuah karya standar untuk lebih dari 2000 tahun, yang membuat Euclid guru matematika terkemuka sepanjang masa.
Euclid tinggal di Alexandria di mana ia mendirikan sekolah pertama mathe-matics. 'Unsur' terdiri dari
13 buku yang berisi bab tentang aljabar geometri dan teori bilangan.
Euclid membuktikan jumlah bilangan prima, bilangan yang dibagi hanya oleh diri mereka sendiri dan satu, menjadi tak terbatas. Ia juga menulis buku-buku tentang kerucut dan optik.
Catatan: Tanggal untuk kehidupan Euclid sangat bervariasi, terkadang masa hidupnya dianggap 430-360 SM.


Archimedes
c.287 - 212 SM
Yunani Scientist
Archimedes adalah yang paling inventif dari matematikawan Yunani.
Archimedes lahir di Sisilia, belajar di Alexandria, tapi kembali ke Syracuse di Italia di mana dia menghabiskan sisa hidupnya.
Sebagai matematikawan ia datang dekat dengan menciptakan kalkulus, dan sebagai penemu ia membuat penemuan yang memiliki nilai praktis yang besar. Ia menemukan hukum tuas dan puli, ia menemukan mesin perang dan sekrup air, dan ia bernama prinsip daya apung yang dinamai menurut namanya.
Ketika Roma mengepung Syracuse ia merancang ketapel, dan membuat cermin yang difokuskan sinar matahari pada menyerang kapal dan mengatur kapal terbakar.


Eratosthenes
c.276 - c.193 SM
Yunani Cendekia
Eratosthenes dari Kirene belajar di Alexandria dan Athena.
Di Alexandria ia direktur perpustakaan besar. Ini sarjana sejarah alam melakukan pekerjaannya paling menonjol dalam matematika dan geografi.
Eratosthenes menghitung keliling bumi dengan benar. Hal ini ia lakukan dengan mengamati sudut yang berbeda bahwa sinar matahari jatuh di dua kota 500 mil terpisah.
Dia dianggap benar jarak Matahari menjadi begitu besar sehingga sinar praktis sejajar ketika mereka mencapai bumi.



Hipparchus
c.190 - c.120 SM
Astronom Yunani
Hipparchus atau Hipparch adalah seorang astronom Yunani yang lahir di Asia Kecil.
Hipparchus menyusun katalog pertama dari bintang-bintang, menunjukkan kecerahan mereka dan posisi. Dia juga mendirikan trigonometri dan menemukan presesi dari. pengamatan bintang Membandingkan tahun yang berbeda ia melihat bahwa bintang-bintang telah bergeser ke arah timur.
Dia menemukan bahwa sementara bujur langit mereka meningkat sedikit lintang mereka tidak berubah. Dia menjelaskan fakta ini dengan gerakan maju lambat pada ekuinoks.


Pliny the Elder
AD 23-79
Romawi Encyclopaedis
Gaius Plinius Sekundus, lebih dikenal sebagai Pliny the Elder, adalah seorang penulis, naturalis, dan filsuf alam serta komandan angkatan laut dan tentara Kekaisaran Romawi awal dan teman pribadi kaisar Vespasianus.
Menghabiskan sebagian besar waktu luangnya belajar, menulis atau menyelidiki fenomena alam dan geografis di lapangan, ia menulis sebuah karya ensiklopedis, Naturalis Historia, yang menjadi model untuk semua karya-karya tersebut ditulis kemudian.
Nya "Naturalis Historia" telah disebut sebagai salah satu buku yang paling berpengaruh yang pernah ditulis dalam bahasa Latin.
Pliny adalah admiral dari armada dekat Pompeii ketika Gunung Vesuvius meletus, dan ia mati di sana mencoba membantu pengungsi.


Ptolemy
c.85 - c.165
Astronom Yunani
Ptolemeus adalah salah satu astronom terbesar dan ahli geografi dari zaman kuno. Dia membuat pengamatan astronomi di Alexandria, Mesir.
Dia mendirikan suatu sistem astronomi matematika yang digunakan sampai abad ke-16. Ptolemy menempatkan bumi di pusat alam semesta, sekitar ia pergi bulan, matahari, dan planet-planet pada berbagai kecepatan. Teori-teorinya yang diawetkan dalam sebuah karya 13-volume dikenal sebagai 'Almagest'.
Selain itu Ptolemeus wrote on geometri, sebuah risalah lima-buku tentang fenomena optik, sebuah risalah tiga-buku tentang musik, dan delapan buku teks geografis dan peta. Di dalamnya ia meremehkan ukuran laut, kesalahan yang kemudian mendorong Columbus untuk melakukan pelayaran terkenal.


Galen
129 - c. 210
Dokter Yunani
Galen adalah seorang ahli anatomi dan fisiologi dan mungkin dokter teoritis paling berpengaruh sepanjang masa. Posisinya sebagai otoritas terkemuka dalam teori medis diperpanjang setidaknya selama seribu empat ratus tahun.
Galen dilahirkan di Pergamum, belajar di Smyrna, dan Alexandria dan ditunjuk ahli bedah dari gladiator di Pergamus. Pada tahun 161 ia pergi ke Roma di mana ia memberi kuliah di teater publik dan uji coba yang dilakukan sebelum penonton besar. Galen menemukan bahwa arteri berisi udara darah dan tidak seperti yang telah diajarkan sampai waktunya.
Galen menulis lebih dari 400 buku dan pengaruhnya pada teori medis dominan sepanjang Abad Pertengahan.


HUA KE
c.190? - C.265?
mungkin sebelumnya
Dokter cina
Hua-to adalah seorang dokter Cina dan ilmuwan yang menemukan pembedahan dengan pembiusan melalui penggunaan teh hallucinegic disebut mafeisan (harfiah 'ganja bubuk mendidih') lebih dari 1600 tahun sebelum praktek diadopsi oleh bangsa Eropa
Dengan cara ini Hua-untuk mampu melakukan operasi pada tengkorak dan usus. Dia dirawat dan juga menyembuhkan beberapa jenderal Cao Cao tetapi, penguasa negara itu merasa diabaikan dan memerintahkan dia dieksekusi.

Hua-ke's sipir penjara menolak untuk menerima nya gulir 'Qing Nang Shu' (buku praktek medis) sedangkan Hua-untuk diminta untuk api dan membakar gulir. Hal ini rugi pengobatan Cina tradisional irreplace-mampu dan praktek nya jatuh ke tidak digunakan ..


DIOPHANT
c.214 - c.280
Matematikawan Yunani
Diophantus dari Alexandria, sering dikenal sebagai 'bapak aljabar' tersebut, dikembangkan rumus matematika untuk perhitungan persamaan dan dia menulis sebuah buku pada aritmatika.
Dari 13 buku nya utama bekerja 'Arithemtica' hanya enam bertahan. transaksi 'Arithemtica' sebagian besar dengan aljabar. Aljabar Diophantus Sebelum semua itu diungkapkan tanpa simbolisme, ia adalah orang pertama yang memperkenalkan simbolisme dalam aljabar Yunani.


ARJABATTA
c.476 - c.535
Indian Astronom
Arjabatta, atau Aryabhata, adalah awal dikenal mathema tician-India.
Dia adalah salah satu yang pertama diketahui menggunakan aljabar. Dia mendirikan 33 aturan dalam aritmatika dan menulis tentang persamaan perlakuan tak tentu dengan penerapan fraksi lanjutan - metode yang digunakan saat ini.

Sebagai astronom menemukan Arjabatta rotasi bumi dan menjelaskan alasan gerhana matahari dan bulan.

Alexander dari Tralles
c. 525 - c.605
Bizantium Dokter
Alexander lahir di Tralles, Lydia (sekarang Turki).

Dia berlatih dan mengajar di Roma, di mana ia menulis Belas Nya Buku-buku tentang Pengobatan, sebuah karya besar pada patologi dan terapi, sebuah risalah yang berfungsi sebagai dasar untuk instruksi selama beberapa abad dalam bahasa Latin, Yunani, dan Arab.


Brahmagupta
598-670
Matematikawan India
Brahmagupta adalah yang paling berhasil dari para astronom India kuno.
pekerjaan besar-Nya 'Pembukaan alam semesta' ditulis dalam bentuk ayat.

Brahmagupta memperkenalkan aturan ketat untuk perhitungan dengan Zero , menulis persamaan kuadrat tentang, dan ia menulis sebuah meja untuk perhitungan sinus. Ia juga berhubungan dengan gerhana bulan, konjungsi planet, dan penentuan posisi planet-planet.


Al-Kindi
c. 801 - c.873
Arab Naturalis
Al-Kindi dilahirkan dari keturunan Arab mulia dan berkembang di Irak. Ia dianggap salah satu dari dua belas pikiran terbesar dari Abad Pertengahan.
Al-Kindi merupakan filsuf asli pertama yang menulis dalam bahasa Arab. Dia adalah seorang sarjana universal yang menulis lebih dari 200 teks tentang matematika, astronomi, optik, musik obat-obatan, dan psikologi. Selain itu ia bekerja sebagai seorang ahli kimia, ahli optik, dan teori musik.

Penulisan kimia, Al-Kindi berpendapat bahwa logam dasar tidak dapat dikonversi ke logam mulia.

Ia juga meneliti pada aspek ilmiah dari musik. Dia menyatakan bahwa berbagai catatan yang bergabung untuk menghasilkan harmoni memiliki pitch tertentu, dan ia menyatakan bahwa ketika suara yang dihasilkan itu menghasilkan gelombang di udara.

Dia membuat sumbangan penting bagi sistem angka Arab. karya asli-Nya menjadi dasar bagi aritmatika moderen

AL-KARISMI
c.778 - c.850
Arab Mathematician
Al-Karismi, atau Al-Khawarizmi, lahir di Asia Tengah. Dia tinggal sebagian besar hidupnya di Baghdad selama zaman keemasan pertama ilmu pengetahuan Islam.
Al-Karismi mengembangkan sistem desimal dengan menggunakan gagasan India Zero , dan ia menemukan istilah aljabar. 'Algorism' Istilah berasal dari judul bukunya tentang angka Hindu-Arab.

Dalam buku lain ia disajikan lebih dari 800 contoh perhitungan integrasi dan persamaan. Karya-karyanya berperan dalam memperkenalkan mata pelajaran aljabar dan angka Hindu ke matematika Eropa.


AL-Rasi
c.864 - 930
Arab Dokter
Al-Rasi, lahir dekat Teheran modern, adalah dokter terbesar Islam dan Abad Abad Pertengahan, dan otoritas tak terbantahkan mengenai pengobatan hingga abad ketujuhbelas. karya asli-Nya di cacar, campak dan penyakit menular masih dikutip dalam buku teks modern.
Al-Rasi adalah orang pertama yang memperkenalkan penggunaan alkohol (bahasa Arab Al-Kuhl) untuk tujuan medis.

Dia juga ahli bedah ahli dan adalah yang pertama untuk menggunakan opium untuk anestesi. Sebagai direktur rumah sakit, ia menulis ensiklopedi Arab paling lengkap obat.

Al-Rasi juga dikenal sebagai seorang filsuf dan ia mengembangkan teori atom dari filsuf Yunani Democritus.


AL-Battani
c.855 - 929
Arab Astronom
pekerjaan besar astronomi Al-Battani's 'De motu stellarum' dieksekusi pengaruh yang besar pada astronomi Eropa.
Al-Battani lahir di daerah yang sekarang di Turki dan tinggal di Suriah, dimana dia melakukan pengamatan astronomi.

Sebagai matematikawan ia menemukan nilai-nilai yang lebih akurat untuk panjang tahun, untuk tahunan presesi ekuinoks, dan untuk kemiringan ekliptika. Dia juga meningkatkan perhitungan untuk fungsi sinus.

www.ceriwis.us

0 komentar:

Posting Komentar